Pengeboran Minyak Lepas Pantai

Pengeboran Minyak Lepas Pantai – Kebutuhan manusia dari waktu ke waktu semakin meningkat tajam dari kebutuhan primer seperti sandang, pangan, papan ataupun kebutuhan sekunder lainnya. Untuk memenuhi hal tersebut teknologi juga dikembangkan sedemikian rupa agar tidak terjadinya ketimpangan yang terlalu jauh. Contoh perkembangan teknologi adalah adanya anjungan di lepas pantai. Anjungan lepas pantai adalah struktur atau bangunan yang dibangun di lepas pantai untuk mendukung proses eksplorasi bahan tambang berupa minyak. Biasanya anjungan lepas pantai memiliki sebuah ring pengeboran yang berfungsi untuk menganalisis sifat geologis reservoir. Dengan kemajuan teknologi yang ada pengeboran di lepas pantai menjadi semakin baik dan terus memperbarui sistemnya menjadi lebih layak dan ekonomis .

Satu anjungan khusus biasanya memiliki setidaknya 30 mata bor yang diarahkan ke pusat minyak dalam laut. Sumur bor akan masuk dan memecah minyak yang ada di dalam pori-pori batuan bercampur bersama air. Minyak bumi termasuk bahan bakar fosil yang sangat berguna dalam kehidupan manusia setiap harinya, materi penyusun utamanya adalah senyawa alkana. Minyak bumi termasuk sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui karena proses pembentukkannya yang sangat lama dan memerlukan waktu berjuta-juta tahun dari pengendapan fosil-fosil purba,selain itu diperlukan tekanan suhu ekstrem untuk membantu terbentuknya minyak bumi. Salah satu anjungan khusus yang ada di Indonesia adalah anjungan di laut Balikpapan.

Selain terkenal dengan wisata alam yang bagus dan tidak ada habisnya, balik papan juga menghasilkan salah satu kebutuhan yang penting untuk kehidupan manusia yaitu minyak. Baru-baru ini perusahaan judi bola online asal Indonesia mendatangkan Ring untuk sumur bor dari singapura. Ditengah aktivitas pengeboran minyak pastinya ada satu hal yang tidak boleh dilupakan. Keselamatan pekerja juga turut diperhatikan mengingat aktivitas pengeboran memiliki tingkat kecelakaan kerja yang tinggi. Bekerja di tengah laut tentunya tidak sama dengan saat bekerja di daratan. Angin laut dan suhu ekstrem bisa saja sewaktu-waktu menghambat proses pengeboran minyak. Begitupun dengan kondisi tubuh pekerja tambang diperlukan alat keselamatan yang memenuhi standar kelayakan.

Selain itu proyek pengeboran migas (minyak dan gas ) yang dilakukan di lepas pantai harus memperhatikan syarat dan kelayakan seperti identifikasi lokasi. Identifikasi lokasi dilakukan dengan berbagai cara , yaitu dengan mempelajari struktur geologis, struktur sumber, karakter, analisis sedimen dan masih banyak lagi hal pendukung lainnya. Setelah memastikan identifikasi lokasi dengan baik , hal lain yang perlu diperhatikan adalah keamanan alat pengebor dan sistem penunjang lainnya. Ini adalah hal yang sangat krusial mengingat pengeboran dilakukan di lepas pantai, jika terjadi kesalahan sekecil apapun pada alat maka akan terjadi kebocoran yang mengakibatkan rusaknya sumber daya alam lainnya di sekitar pantai karena tercemar dengan minyak dan gas. Untuk menjaganya tetap aman dilakukan pengecekan secara berkala dan terkoordinir dengan baik. Sebagai masyarakat yang baik mari jaga kelestarian minyak bumi dengan sebaik-baiknya dan Gunakan sebijak mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!